Tuesday, May 1, 2012

10 Fakta Menarik "Death by Chocolate"



Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman.
Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia, selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Semua orang sudah tau mengenai cokelat, penikmat cokelat tidak cuma dari kalangan muda bahkan sampai kalangan tua sekalipun. Namun tahu ga sih kalo ada fakta menarik dari cokelat tersebut?

Yup ada beberapa fakta menarik mngenai cokelat yang mungkin belum pada tahu neh, berikut faktanya :

1. Pernah mendengar ungkapan Death by Chocolate? Ya ini bener-bener terjadi kira-kira pada abad 17 di Chiapas Mexico.  Orang orang Spanyol kalangan atas sangat kecanduan dengan yang namanya cokelat, mereka menolak untuk mematuhi larangan gereja untuk tidak boleh makan dan minum selama kebaktian gereja berlangusng. Akibatnya, penduduk kota menolak  tidak hanya mendengarkan larangan tersebut  malah mereka memilih untuk menghadiri kebaktian biara sebagai gantinya. Uskup yang melewati hukum tersebut akhirnya ditemukan tewas akibat racun yang dicampur kedalam secangkir cokelatnya.


2. Kata chocolate berasal dari bahasa Aztec, “Xocolatl”, yang ironisnya berarti “air yang pahit”


3. Cokelat batangan terbesar yang pernah dibuat diciptakan di tahun 2000 dengan berat 5000 pounds. Turin adalah kota di Italy yang dapat berbangga karena prestasi tersebut.


4. Orang amerika memakan rata-rata 22 pounds permen setiap tahunnya, atau rata-rata 2.8 juta pounds tiap tahunnya dibagi rata antara cokelat dan permen. Kebanyakan orang-orang Eropa mengkonsumsi kurang dari jumlah ini.

5. Ketika U.S memproduksi sebagian besar cokelat dan mengkonsumsi sebagian besar setiap tahunnya. Swiss mengkonsumsi paling banyak per capita, diikuti oleh Inggris.


6. Selain keju dan industri ice krim,  produsen Cokelat Amerika menggunakan kira-kira 1.5 miliar pounds susu dan mengkonsumsi kira-kira 3.5 juta pounds susu setiap tahunnya.


7. Produsen cokelat saat ini menggunakan 40% dari almonds dan 20% kacang tanah dari seluruh dunia. 


8. Cokelat secara teknis berperan atas penemuan microwave. Ilmuwan berexperiment dengan gelombang micro berharap dapat membuat detektor radar yang lebih baik stelah perang duni kedua, ilmuwan menguji sebuah alat yang bernama magnetron. Seorang ilmuwan bernama Percy Spencer memasuki lab dengan sebuah cokelat di sakunya dan mulai menyadari bahwa cokelatnya mulai meleleh dengan cepat. Spencer kemudian menyadari bahwa magnetron berpotensi digunakan untuk memasak. Dia berhasil mencoba jagung tembak (popping corn) dan mencoba untuk memasak telur yang dimasak begitu cepat, telur itu meledak dimukanya. 

9. Setiap perjalanan ruang angkasa  orang-orang Rusia dan Amerika  memasukkan batangan coklat kedalam list bawaan mereka.

10. Pada kunjungan keempat Christopher Columbus ke Amerika, ia menyajikan biji kakao ke Pengadilan Spanyol. Raja Ferdinand dan Ratu Isabelle tidak terkesan dan menyebut coklat sebagai ramuan suku aneh. 



No comments:

Post a Comment