Tuesday, July 3, 2012

Firefox Siap bersaing di OS Mobile

Kesuksesan OS Android besutan Google nampaknya memberikan inspirasi untuk Firefox untuk ikut terjun dalam pengembangan Mobile OS. Operasi sistem tersebut mereka namai sama seperti browser mereka, yaitu Firefox OS.

Rencananya Firefox OS akan diluncurkan pada awal tahun 2013. Saat ini Firefox sendiri masih dalam tahap penyempurnaan dari pengembangan Firefox OS. Firefox OS akan bersifat opensource jadi siapapun bisa ikut mengembangkan. Sistem operasi ini dikembangkan dalam basis web dengan teknologi HTML terbaru yaitu HTML5 yang lebih dinamis dan dapat mengkover atau menggantikan fungsi flash, seperti pemutar video dan lain-lain.  Selain itu, Firefox OS akan menggunakan komponen serupa milik Galaxy S III yaitu Qualcomm Snapdragon.

Untuk mengembangkan sistem operasi ini, Mozilla bekerjasama dengan beberapa perusahaan ponsel dan hardware di antaranya ZTE dan TCL. Sedangkan untuk dukungan operator, Mozilla mengklaim bahwa beberapa operator kenamaan dunia, siap untuk menjalankan sistem operasi Firefox OS. Di antaranya adalah T-Mobile, Etisalat, Sprint dan Telefonica. Tak menutup kemungkinan jika Firefox OS ini sukses akan merambah ke seluruh dunia.





1 comment: